Wednesday, March 20, 2013

Tipe Jaringan Komunikasi

Tipe jaringan komputer dapat secara umum digambarkan sebagai Switched dan Broadcast. Pada tipe switched jaringan diperoleh dari Circuit & Packet Switched Network. Jenis Circuit Switched Network sering ditemukan pada telepon dengan jaringan GSM sebagai contohnya. Sedangkan Packet Switched Network dibagi lagi menjadi dua, yaitu Datagram dan Circuit virtual. Datagram ini meliputi internet, dengan jaringan IP (Internet Protocol). Sedangkan Virtual Circuit contohnya adalah mesin ATM. Untuk lebih jelasnya, perhatikan detail diawah ini :

  1. Switched Network
    Identik dengan hub, namun lebih baik dari pad hub. Berbeda dengan hub, tipe jaringan ini mampu memeriksa paket data yang diterima, menentukan sumber dan tujuan transfer pada perangkat untuk setiap paket data dan meneruskannya secara tepat.

  2. Cicuit Network
    Menggunakan sistem analog pada jaringan telepon dimana data ditransfer secara dua arah. Data yang terkirim ataupun diterima dapat diproses secara langsung. Pemakaian paket data bergantung pada durasi waktu.

  3. Packet Switched Network
    Dalam bentuk jaringan ini, data dikirim secara terpisah kedalam blok-blok kecil berdasarkan alamat tujuan dalam setiap paket. Bila diterima, data disusun kembali dengan urutan yang benar. Data dikirim secara individual dengan memperhatikan traffic data pada jaringan.

  4. Broadcast Network
    Di dalam teori teknologi dan informasi, tpe jaringan ini menunjuk pada teknik mengirimkan sebuah pesan kesemua penerima (dalam hal ini perangkat elektronik) sekaligus. Sedangkan dalam Teknologi Informasi, diartikan sebagai pengiriman paket data yang akan diterima oleh semua perangkat komputer di jaringan.

  5. Packet Radio Network
    Merupakan sebuah teknologi yang berguna untuk mengirimkan data digital melalui media transmisi seperti radio, infrared ataupun jaringan nirkabel lainnya. Samahalnya dengan konsep Datagram yang bisa berkomunikasi melalui internet.

  6. Satellite Network
    Jaringan yang menghubungkan akses internet menggunakan satelite sebagai media penghantar sinyal gelombang radio (microwave) untuk pertukaran data dengan antena yang mendukung Transceiver (perangkat yang mendukung pertukaran data).



  7. Local Network
    Biasa disebut dengan LAN adalah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil seperti jaringan komputer kampus, sekolah, kantor, rumah, dan lainnya. 

     

No comments: