Thursday, March 14, 2013

Pengalaman Membuat Aplikasi Sistem Informasi

Disini saya akan menceritakan mengenai bagaimana pengalaman saya membuat aplikasi berbasis sitem informasi yang sederhana sekali sebagai bahan atau tugas kuliah untuk memenuhi nilai pada mata kuliah tersebut. Judul yang saya ambil pada saat itu adalah "Ototmatisasi Pengambilan Tiket Elektronik" yang terispirasi dari e-ticket yang ada di mall.

Sistem Informasi disini adalah mengenai jumlah sepeda motor ataupun mobil yang terparkir di parking lot tersebut dan kalkulasi harga "sewa tempat" yang diberlakukan di mall yang bersangkutan.

Tujuan dari membuat aplikasi ini selain untuk syarat memperoleh nilai pada mata kuliah yang bersangkutan, juga sebagai pengalaman dan sebagai sampel untuk digunakan pada toko-toko kecil yang menggunakan security party tersebut dalam skala yang kecil karena keterbatasan dalam pengelolaan aplikasi ini.

Pertamakalinya dalam membuat aplikasi ini saya belum sepenuhnya menguasai bahasa pemrograman yang digunakan pada saat itu. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa Visual Basic. Dengan ilmu pengetahuan yang minim, saya mengalami kesulitan dalam proses pembuatannya. Namun, karena bantuan dari anggota kelompok baik itu material maupun non material juga dosen yang membimbing kita pada saat itu, akhirnya aplikasi tersebut dapat terselesaikan tepat pada waktunya.

Karena aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic, tentunya interface aplikasi ini sangat mudah dipahami karena berbentuk grafik dan gambar juga diberikan keterangan yang lengkap untuk mempermudah dalam penggunaannya.

Pada layar awal akan secara langsung terlihat menu untuk input data seperti Nomor antrian dan waktu yang tercatat pada saat itu juga. Karena aplikasi ini manual, jadi hanya bisa menyimpan data pada saat itu juga. Selanjutnya jika akan menginput data baru, data sebelumnya harus diprint terlebih dahulu agar tidak hilang dan data yang baru bisa dimasukkan. Untuk pembayaran tiket, pelanggan mengembalikan tiket yang sebelumnya sudah di ambil dan petugas memberitahukan harga yang berlaku untuk biaya yang diperlukan.


Kelebihan dari aplikasi ini:

- Menggunakan visualisasi yang mudah dimengerti

- Interface dapat diubah sesuai kebutuhan

Kelemahannya:

- Sistem masih manual

- Tidak ada data base

Saran dan Kesimpulan:

Proses pembuatan aplikasi ini tidak terlalu rumit mengingat aplikasi ini hanya mengandalkan input dan output secara on-time. Perlu pengembangan lebih lanjut lagi agar aplikasi ini bisa dipergunakan secara real-time dan tersedianya record yang menyimpan multiple data (banyak data).

No comments: