-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Disusun Oleh :
1. Aryanto Hasugian
(11110158)
2. Maulana Preestra
C. E. (14110272)
3. Rian Henry
(15110861)
4. Syahrun Diyaar
(16110775)
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
- Telematika
Dari sumber yang sudah ada,
diketahui bahwa Telematika merupakan adopsi dari bahasa Perancis yang
sebenarnya adalah “Telematique” yang mempunyai arti bertemunya sistem jaringan
komunikasi dengan teknologi informasi.
Secara bahasa, Telematika merupaan
gabungan dari kata Telekomunikasi dan Informasika. Telekomunikasi adalah teknik
pengiriman atau penyampaian informasi dari satu tempat ke tempat lain.
Sedangkan Informatika merupakan disiplin ilmu yang mempelajari informasi fakta
berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis computer.
Secara garis besarnya, Telematika adalah
sarana komunikasi jarak jauh melalui media elektronik. Kemampuannya dapat
mengirimkan sejumlah besar informasi dalam waktu singkat, dengan jangkauan yang
luas, dan dalam berbagai cara seperti suara (music, telepon), gambar, huruf dan
data atau kombinasi-kombinasinya.
- E-Commerce
Kelompok kami menggunakan sumber
dari Modul Kursus yang pernah di ikuti oleh semua anggota. Modul ini disusun
oleh Lembaga Pengembangan Komputerisasi, UniversitasGunadarma. Berikut ini
adalah materi yang dibahas:
E-Commerce (Elektronik Commerce)
adalah proses membeli, menjual atau pertukaran barang, jasa atau informasi
melalui jaringan computer. E-Commerce berkembang karena adanya internet, oleh
karena itu sering dikaitkan dengan jaringan computer sebagai media utamanya.
Di masa lalu, dunia bisnis bisa
melakukan aktivitas antara satu dan lainnya melalui jaringan khusus tapi
pertumbuhan drastic dari internet telah merubah paradigma tersebut dan akhirnya
menjadikannya lebih luas. Infrastruktur digital yang menyediakan sarana efisien
untuk komunikasi dan pertukaran informasi menjadi media baru yang menarik untuk
E-Commerce.
Sampai saat ini, website hanya
sebatas pada informasi yang diberikan untuk konsumen mengenai perusahaan dan
apa yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. E-Commerce menyediakan sarana
untuk menjual produk secara online. Calon pelanggan atau knosumen dapat melihat
website, membaca dan melihat produk,memesan dan membayar produk secara online.
- Komponen Utama E-Commerce:
1) Electronic
Data Interchange (EDI)
Electronic Data Interchange (EDI)
didefinisikan sebagai pertukaran data antar computer dan organisasi atas suatu
informasi terstruktur dalam format yang standard dan bisa diolah oleh computer.
2) Digital
Currency
Digital currency memungkinkan user
untuk memindahkan dananya secara elektronik dalam lingkungan kerja tertentu. Contohnya
seperti ATM yang sering digunakan
untuk transaksi transfer dan tarik tunai secara langsung atau mesin EDC yang sering ditemukan ditempat
perbelanjaan.
3) Electronic
Catalogs
Biasa disebut sebagai e-catalogs
merupakan jenis aplikasi komersil yang dirancang untuk internet. E-catalogs
berupa antar muka grafis yang umumnya berbentuk WWW dimana menyediakan informasi tentang penawaran produk dan jasa.
Contohnya online shop terkemuka di Indonesia seperti Kaskus, Tokobagus, dan
lainnya.
4) Intranet
dan Ekstranet
Intranet umunya digambarkan sebagai
web server di dalam perusahaan
(internal). Namun dalam hal ini intranet hanyalah kumpulan website yang dimiliki oleh suatu kelompok (biasanya perusahaan)
yang bisa diakses hanya oleh anggota kelompok tersebut. Sedangkan Ekstranet merupakan
area tertetu dari intranet yang bisa diakses oleh pengguna diluar kelompok
intranet, dengan otorisasi tertentu.
- Kelebihan E-Commerce:
- Otomatisasi, proses otomatisasi menggantikan proses manual.
- Integrasi, proses yang terintegrasi akan meningkatkan efisiensi dan efektivitas proses.
- Publikasi, memberikan jasa promosi dan komunikasi atas produk dan jasa yang dipasarkan.
- Interaksi, pertukaran data atau informasi akan meminimalkan “himan error”
- Transaksi, kesepakatan Antara dua pihak untuk melakukan transaksi.
- Keuntungan E-Commerce:
- Bagi Bisnis, dengan melukan kehiatan bisnis secara online, perusahaan dapat menjangkau pelanggan di seluruh dunia.
- Bagi Konsumen, dapat mengambil kemungkinan yang ditawarkan e-commerce. Harganyapun lebih murah.
- Bagi Manajeman, pendapatan bertambah.memberikan kepuasan terhadap pelanggan.
- Kelemahan E-Commerce :
- Isu security
- Pembajakan kartu kredit, stock exchange fraud, banking fraud, hak atas kekayaan intelektual, akses ilegal ke system informasi (hacking) perusakan web site sampai dengan pencurian data.
- Ketidaksesuaian jenis dan kualitas barang yang dijanjikan,
- Ketidaktepatan waktu pengiriman barang
- No cash payment.
- Indonesia belum memiliki perangkat hukum yang mengakomodasi perkembangan e-commerce.
- Masalah kultur, yaitu sebagian masyarakat kurang merasa puas bila tidak melihat langsung barang yang akan dibelinya
- Contoh Perdagangan Menggunakan Konsep E-Commerce
Dalam
contoh ini, kelompok kami menggunakan jakartanotebook.com sebagai salah sati
situs yang menggunakan konsep e-commerce dalam mempromosikan produk-produknya.
Jakartanotebook.com
adalah bisnis online store yang menawarkan barang-barang elektronik seperti
peralatan computer, peralatan bisnis, peralatan rumah, dan peralatan elektronik
lainnya.
Sampai
saat ini Jakartanotebook terus berkembang dan menawarkan produk yang menarik
dan terbaru. Layanan yang diberikan cukup memuaskan dengan disediakannya
private chat untuk calon pembeli jika ada yang ingin ditanyakan atau memberi
saran. Berikut ini tampilan layar utama dari situs jakartanotebook.com
Produk
yang ditawarkan sangat bervariasi. Sesuai dengan namanya, situs jakartanotebook
ini lebih memfokuskan pada perlengkapan notebook ketimbang produk lain seperti
yang telah disebutkan sebelumnya. Namun, tidak sedikit produk lain yang
ditwarkan.
Harga
yang ditawarkan bervarisi sesuai dengan syarat dan ketentuan yang telah
disepakati oleh pembeli. Karena pada saat memesan barang, harga produk, jumlah
yang dibei dan cara pembayarannyapun menentukan harga yang harus dibayar.
Dapat
disimpulkan bahwa situs jakartanotebook.com ini menggunakan jasa internet
sebagai bisnis perdagangan onlinenya yang mengikuti konsep e-commerce.
[3] Lembaga
Pengembangan Komputerisasi. 2001. Introduction To E-Commerce. Depok:
Universitas Gunadarma
No comments:
Post a Comment