Wednesday, March 2, 2011

Beberapa Bahasa Pemrograman Terpopuler

               FORTRAN ( singkatan dari FORmula TRANslation) merupakan bahasa pemrograman yang paling lama populer yaitu sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1953 oleh John Bachus. Fitur utama dari bahasa FORTRAN, adalah bahasa yang lebih mengutamakan penulisan program yang tepat, efisien, dan dapat berulang dalam suatu sub-program tertentu ( structured-oriented language).Fortran adalah Bahasa pemrograman yang umumnya dipergunakan untuk perhitungan-perhitungan (matematik numeric) dengan ukuran yang besar pulsa (pada waktu itu).. Ekspresi dalam FORTRAN memiliki persamaan dengan aljabar.

               Common business Oriented Language dianggap berkaitan erat dengan pengertian berikut
Bahasa pemrograman berorientasi bisnis dan database. Dibangun tahun 1950/1960 yang banyak digunakan untuk aplikasi bisnis untuk dijalankan di komputer besar (main computer atau mainframe). COBOL merupakan bahasa pemrograman yang paling lama melayani pengembangan aplikasi komersial, selain itu COBOL dianggap sebagai suatu tonggak dari beberapa bahasa dan digunakan terutama dalam sistem pemrosesan transaksi dalam skala besar.
 
               Java adalah bahasa pemrograman yang efisien dalam pembuatan halaman web dan fitur pelengkap pada browser. JavaScript sebagai bahasa pemrograman yang berjalan khusus untuk di browser atau halaman web agar halaman web menjadi lebih hidup.

               Bahasa pemrograman C++ adalah bahasa yang amat berbeda. Untuk kompiler C++ berbasis DOS, C merupakan bahasa pemrograman prosedural, dimana penyelesaian suatu masalah dilakukan dengan membagi-bagi masalah tersebut kedalam su-submasalah yang lebih kecil.

               Clipper adalah bahasa pemrograman komputer keluarga XBase yang digunakan untuk membuat program komputer utamanya yang berjalan pada sistem operasi DOS. Secara lebih spesifik, clipper umumnya digunakan untuk membuat program-program yang terkait dengan database/bisnis (contoh. akuntansi, manajemen simpan/pinjam, dan lain-lain).

               ADA adalah merupakan suatu program yang cukup luas, dan komplek, dan bahasa pemrograman yang bersifat block structured dengan tujuan utamanya untuk embedded application, karena bahasa pemrograman ini memiliki untuk respon secara real time, akses terhadap hardware, dan memiliki kemampuan untuk menghandle error yang terjadi pada saat program dieksekusi.

               Delphi adalah Suatu bahasa pemrograman yang menggunakan visualisasi sama seperti bahasa pemrograman Visual Basic ( VB ) . Delphi juga menggunakan konsep yang berorientasi objek ( OOP ) , maksudnya pemrograman dengan membantu sebuah aplikasi yang mendekati keadaan dunia yang sesungguhnya .

               Visual Basic merujuk kepada metode yang digunakan untuk membuat antar muka yang bersifat grafis Graphical User Interface (GUI).


No comments: