Thursday, January 31, 2013

Cara Merubah / Konversi File Video

Begitu banyak format video yang tersebar, namun jika Anda paham akan kegunaan format video itu sendiri mungkin Anda tidak akan terlalu bingung dalam membedakannya. Misalnya saja seperti format video berekstensi flv (flash player) yang sering dijumpai ketika mendownload file dari YouTube menggunakan IDM (Internet Download Manager), karena memang format ini lebih cepat dimainkan ketika streaming di internet. Kemudian forat berbentuk 3gp yang sering ditemukan pada handphone. Ada juga format avi, mpeg4 yang sering diputar untuk dimainkan pada DVD Player. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tapi disini Saya tidak akan membahas mengenai jenis-jenis video lebih dalam, melainkan berbagi ilmu untuk menjawab pertanyaan yang sering diajukan seperti “Bagaimana cara konversi file video kebentuk yang lain?” dan “Software apa yang dapat bekerja dengan baik dalam hal mengkonversi file tersebut?”

Oleh karena itu, disini saya akan memperagakan bagaimana cara konversi file video kedalam format video yang kita inginkan dengan menggunakan Freeware yang handal dalam kasus ini. Ikuti langkah awal ini sebelum memulai konversi video:
  1. Install NET Framework 4.5
  2. Install Freemake Video Converter
Perlu di ingat, untuk menginstall aplikasi video converter ini, kita harus mempunyai NET Framework terbaru yang memungkinkan kita untuk menginstall aplikasi gratis ini. Setelah proses instalasi selesai, barulah Anda bias menjalankan aplikasi tersebut. Kemudian ikuti langkah selanjutnya:
  1. Jalankan aplikasi Freemake Video Converter yang telah terinstall, maka akan tampil gambar seperti berikut ini:


  1. Klik pada menu +Video untuk konversi file video, setelah itu akan muncul kotak dialog untuk membuka file video yang akan di format, pilih sesuai dengan kebutuhan kemudian klik open.

  1. Video yang telah dipilih akan tampil pada list.

  1. Pilih format yang sesuai untuk konversi file video tersebut, sebagai contoh disini Saya mengubah filenya kebentuk format DVD. Klik pada menu to DVD yang terletak dibawah list. Setelah itu akan muncul kotak dialog untuk kostumisasi yang bias kita atur sendiri, Anda bisa mencoba merubah pengaturan yang ada, jika sudah klik Convert.

  1. Jika file terlalu banyak dan menghabiskan waktu untuk menunggu proses selesai, Anda bisa menghidupkan fitur shutdown yang akan bereaksi ketika semua video berhasil dikonversi dan computer akan dimatikan. Untuk mengaktifkannya, cukup klik pada Shutdown PC after process is completed.
  1. Setelah file berhasil dikonversi, klik OK.

  1. Anda bisa melihat filenya langsung dengan klik Show in folder

  1. Pilih dan klik close jika sudah selesai dan pilih file kemudian exit untuk keluar dari program.



    Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan berikan komentar Anda.
    Semoga Bermanfaat ;) x

No comments: