Thursday, June 13, 2013

Komunikasi Bahasa

1. Mengapa fungsi komunikasi bahasa disebut fungsi dasar? Mengapa pula disebut fungsi utama?

Jawaban

Secara garis besar, bahasa merupakan alat yang dipakai makhluk hidup untuk berkomunikasi, berinteraksi ataupun bertukar pikiran. Dengan bahasa, dapat memungkinkan seseorang atau sekelompok orang menyampaikan informasi, ide atau gagasan, perintah, bahkan dapat mempengaruhi pikiran orang tersebut asalkan informasi atau pesan tersampaikan dengan baik dan jelas dari pembicara atau sumber informasi kepada pendengar atau penerima informasi. Sedangkan komunikasi sendiri adalah hubungan timbal balik yang terjalin karena adanya sebab dan akibat dari pembicara atau sumber informasi kepada pendengar atau penerima informasi.

Komunikasi bahasa sebagai fungsi dasar, karena keberadaan bahasa sangat penting bagi makhluk hidup dalam kegiatan mobilitas sosial. Tidak hanya itu saja, bahasa juga memiliki berbagai macam fungsi berdasarkan tanggapan atau respon yaitu fungsi transaksional dan fungsi interaksional.
  • Fungsi Transaksional, yakni apabila dalam komunikasi terdapat isi komunikasi yang amat dipentingkan. Dengan begitu, bahasa dapat digunakan sebagai penyalur informasi, misalnya pidato, ceramah, iklan radio (lisan) dan cerpen, makalah, tesis, surat undangan (tulisan).

  • Fungsi Interaksional, yakni penggunaan bahasa yang memiliki hubungan timbal balik atau interaksi antara pesapa dan yang disapa/pesapa. Komunikasi ini sering terjadi dalam percakapan sehari-hari.
Komunikasi bahasa sebagai fungsi utama, karena dalam kehidupan sehari-hari sangat tidak mungkin bila seseorang tidak tau apa itu bahasa dan cara menggunakannya. Sementara untuk dapat berinteraksi dengan orang lain, seseorang tersebut harus menggunakan suatu cara untuk menyampaikan informasi atau menunjukan emosinya kepada lawan bicara. Maka, dengan adanya bahasa, dapat mempermudah untuk menyampaikan keinginannya. Misalnya seorang dosen memberikan sanksi kepada salah satu mahasiswanya dan memberikan sikap kecewa dengan mimik muka yang ditunjukan.

Dari gambaran diatas, sudah terlihat jelas bahwa bahasa merupakan pendukung utama yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan sehari-hari, agar terjalinnya suatu komunikasi yang nyata pada setiap makhluk hidup. Dalam peristiwa komunikasi, bahasa dapat menampilkan fungsi yang beragam. Namun secara umum, bahasa dapat digunakan untuk mengekspreiskan emosi, menginformasikan suatu fakta, mempengaruhi orang lain, bercerita, mengobrol dan sejenisnya.

2. Sebutkan tiga contoh alat komunikasi yang bukan bahasa, dan jelaskan fungsinya!

Jawaban

  • Surat kabar : menyampaikan informasi berupa fakta ataupun kejadian aktual yang terjadi pada waktu tertentu di tempat yang berbeda.
  • Cerpen : sebuah karya tulis tangan yang bertuliskan pemikiran imajinatif dari seorang penulis kedalam kertas ataupun media lainnya untuk tujuan komersial atau sebagai bagian dari hobi.
  • SMS (Short Message Service) : layanan pesan singkat yang sering dijumpai pada telepon genggam. Fungsi utamanya adalah mengirim dan menerima teks. Kelebihannya dapat menjangkau jarak yang sangat jauh. Kelemahannya jumlah teks yang dibatasi hanya beberapa karakter saja.

3. Bahasa Indonesia mempunyai empat jenis definisi, yaitu definisi nominal, formal, operasional, dan luas. Jelaskan ke empat jenis definisi sebuah teks dengan topik Teknologi Informasi atau yang terkait dengan bidang studi kalian. Tulisan dibuat secara singkat dan jelas.
Jawaban

a. Nominal
Definisi nomilan biasa digunakan dalam kamus. Dalam definisi nominal, suatu kata dibatasi dengan kata lain yang merupakan sinonimnya, dan dengan terjemahannya atau menunjukan asal katanya.
Contohnya :


  • Komputer dalam Bahasa Inggris disebut Computer.
  • Ayah saya seorang Programmer.

b. Formal
Definisi formal terdiri dari beberapa bagian yaitu :

  • Defendum = bagian yang merupakan yang didefinisikan.
  • Definiens = bagian yang mendefinisikan.

Contohnya :
DBA adalah orang yang bertugas untuk mendesain, implementasi, pemeliharaan, dan perbaikan database.

c. Operasional
Definisi yang diperlukan untuk mengadakan penelitian sehubungan dengan hal yang tidak dapat diamati atau diukur secara langsung.
Contohnya :

  • Kabel UTP memiliki maksimal panjang 100m.
  • Kabel STP memiliki kecepatan 10-100Mbps.


d. Luas
Definisi ini merupakan uraian panjang lebar, bisa satu paragraph, satu bab, atau bisa meliputi seluruh karangan.  Definisi ini diperlukan bila kita berhadapan dengan suatu konsep yang amat rumit, yang tidak bisa dijelaskan dengan kalimat yang pendek.

Contohnya :
Sebuah Personal Komputer memerlukan software, hardware, dan brainware.
  1. Paragraf argumentasi yang induktif dan deduktif
  • Paragraf argumentasi yang induktif

    Paragraf induktif adalah Paragraf yang dimulai dari kalimat-kalimat uraian yang lalu mengerucut menjadi inti sebagai kesimpulan.

    Kasudin PU Tata Air Jakarta Barat Wagiman mengatakan, akibat curah hujan yang terjadi beberapa hari terakhir di sejumlah Jalan di Jakarta Barat, memang mengalami genangan yang berkepanjangan. Diantaranya, Jalan S Parman sekitar Universitas Trisakti dan depan Citra Land, Jalan Daan Mogot, Jalan Arjuna Utara sekitar Universitas Esa Unggul, Jalan Arjuna Selatan Sekitar RCTI, Jalan Panjang (Green Garden) dan Jalan Taman Ratu. “Ketinggian air rata-rata mencapai 10-50 cm,” ujarnya, Senin (20/5/2013). Wagiman menjelaskan, penyebab genangan air itu, selain air kali yang sudah tidak dapat menampung debit air dan hilangnya resapan air akibat pembangunan, genangan juga disebabkan lantaran terdapat saluran air yang terpotong akibat pembangunan (crossing), akibatnya saluran air menjadi kecil.

    Sumber : koran Sindo, Selasa, 21 Mei 2013, Crossing, salah satu penyebab banjir Jakarta.
  • Paragraf argumentasi yang deduktif

    Sedangakn untuk paragraf deduktif dihadirkan terlebih dulu pernyataan umum yang maknanya luas yang dirumuskan dalam kalimat utama/kalimat inti. Kalimat-kalimat yang hadir selanjutnya merupakan penjelasan atas kalimat inti tersebut

    Kasus pemerkosaan, pencabulan dan pelecehan seksual terhadap anak memang sudah mencemaskan. Sebab jumlahnya terus meningkat. Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA), Arist Merdeka Sirait pernah menyebutkan bahwa sepanjang tahun 2011 terdapat 2.509 laporan kekerasan terhadap anak. Dan 59 persen dari jumlah itu adalah kekerasan seksual.  Jumlah itu meningkat tahun 2012. Sepanjang tahun lalu itu, Komnas PA menerima 2.637 kasus kekerasan terhadap anak. Dan 62 persennya adalah kekerasan seksual. Ini jumlah yang melaporkan kepada komisi yang dipimpin Arist itu. Dan tentu saja banyak yang tidak mengadu. Kenyataan di lapangan, kata Arist, jumlah kekerasan seksual terhadap anak jauh lebih tinggi.

    Sumber : Koran Kompas, selasa 4 Juni 2013, Pencabulan Terhadap Anak Marak Terjadi, Bagaimana Mencegahnya.
5. Temukan paragraf atau wacana campuran: deskripsi, narasi, argumentasi baik yang induktif maupun yang deduktif.

Berdasarkan keterangan saksi Retno (30), penumpang bus tersebut, bus melaju kencang dari arah atas (selatan). Bus itu diduga mengalami rem blong.

Bus terus melaju tanpa kendali hingga menyerempet sepeda motor dan sebuah mobil Nissan Livina silver bernomor polisi H 8435E A. Sesaat kemudian, bus yang sama menabrak mobil Honda Jazz warna putih bernomor polisi H 9351 UR. Mobil tersebut searah dengan bus. "Saat itu saya memejamkan mata dan hanya bisa berdoa, tiba-tiba sudah menabrak Livina dan suaranya keras sekali," kata warga Bukit Kencana, Semarang, tersebut. Bus yang tidak terkendali itu terus melaju dan menabrak sejumlah sepeda motor dari arah berlawanan atau arah bawah (utara). Bus itu juga menghantam mobil Mazda warna merah bernomor polisi H 7016 KH hingga mobil itu ringsek. Bus baru berhenti setelah menabrak beberapa tiang baliho besar ada di pinggir jalan dekat pertigaan Jalan Mataram dan Jalan Tentara Pelajar.

Sepeda motor yang ditabrak bus itu adalah Honda Supra bernomor polisi H 2028 TY, Honda Revo H 5689 ADG, Honda Supra warna hitam, Honda Supra H 2639 VG, Yamaha Jupiter H6764 QM, dan Honda Supra H 5865 SY.

Sementara itu, sopir bus bernama Susanto (46) langsung menyerahkan diri ke polisi. Warga Jalan Kawi, Semarang, ini menyerahkan diri ke Pos Polisi Java Mal Semarang, sekitar 200 meter arah utara dari lokasi kejadian. Susanto langsung dibawa petugas Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Kota Besar Semarang untuk dimintai keterangan.

Sumber : Kompas, Jumat, 3 Mei 2013, Kecelakaan Bus Nugroho di Semarang.

Post a Comment