Sunday, April 28, 2013

Topologi Jaringan Komputer


Topologi Jaringan adalah pola hubungan atau interkoneksi atau skema fisik perkabelan yang menghubungkan suatu jaringan. Lebih sederhana, pengertian topologi jaringan komputer yaitu gambaran dari beberapa komputer dengan peralatan jaringan yang tersusun dalam jaringan komputer.

Topologi jaringan ini digunakan atas dasar tujuan tertentu dengan mempertimbangkan skala jaringan, biaya, tujuan dan penggunanya.
Beberapa topologi yang sering digunakan di antaranya:

1.   Topologi Bus (Linier)
Ciri-ciri dari topologi bus ini yaitu setiap komponen jaringan terhubung kesebuah jalur komunikasi utama yang disebut dengan Trunk / Backbone sehingga membentuk sebuah segmen jaringan. Topologi ini menggunakan dua buah terminator dikedua ujungnya, media transmisi yang digunakan yaitu kabel coaxial.

2.   Topologi Ring
Pada topologi ini, setiap komponenjaringan terhubung kesebuah jaringan utama (backbone) yang berbentuk loop tertutup sehingga membentuk segmen jaringan. Media transmisi yang diguanakan ialah kabel UTP.

3.   Topologi Star
Komponen jaringan Pada Topologi Star, masing-masing Workstation dihubungkan secara langsung ke Server atau Hub/Swich yang berfungsi menerima sinyal -sinyal dari komputer dan meneruskannya ke semya komputer yang terhubung dengan Hub/Swich tersebut. Kabel UTP sering digunakan pada bentuk topoligi ini.

4.   Topologi Mesh
Di dalam topologi ini, setiap komponen jaringan mempunyai hubungan langsung atau jalur khusus ke setiap komponen jaringan lainnya sehingga nantinya akan membentuk segmen jaringan. Ada dua jenis topologi mesh yang sering digunakan, antaralain:
a)   Full Mesh
Pada bentuk topologi ini, semua komponen jaringan computer terhubung antara satu dengan yang lain.

b)   Partial Mesh
Bentuk topologi ini hampis sama dengan bentuk Full Mesh, perbedaannya yaitu tidak semua komponen jaringan terhubung antara satu dengan yang lain melainkan hanya sebagian.






Some Credit:

1 comment:

Unknown said...

Terimakasih atas feedback-nya.. semoga bermanfaat.. :)