Sunday, April 28, 2013

Komponen Jaringan Komputer


Jaringan Komputer adalah dua atau lebih perangkat computer yang saling terhubung dengan menggunakan media komunikasi untuk mentransmisikan data yang dapat mengirimkan informasi secara elektronis. Biasanya, jaringan computer ditemukan pada suatu organisasi ataupun sekelompok orang yang berada pada area tertentu kemudian membentuk sebuah komunitas jaringan dengan menggunakan media computer dan media transmisi data untuk tujuan tertentu.
Berikut ini merupakan komponen yang ada pada jaringan computer:
1.   Computer, teridiri atas input device (mouse, keyboard), central processing unit (CPU), backing storage (hard disk, CD/DVD ROM) dan output divices (monitor, printer).


2.   NIC (Network Interface Card) adalah perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antara computer, biasanya kartu jaringan ini adalah kartu internal yang dipasang pada slot ekspansi di dalam computer. Kartu jaringan yang sering dipakai saat ini adalah : Ethernet, LocalTalk konektor dan Token Ring.

3.   Network Device (perangkat jaringan):
a)   Hub, merupakan pembagi sinyal data bagi NIC dan juga berfungsi sebagai penguat sinyal.

b)   Router, merupakan perangkat yang dikhususkan untuk menangani koneksi antara dua atau lebih network yang terhubung melalui packet switching. Router bekerja dengan melihat alamat asal dan alamat tujuan dari paket yang melewatinya dan memutuskan rute yang akan dilewati paket tersebut untuk sampai ke tujuan. Router mengetahui alamat masing-masing komputer di lingkungan jaringan localnya, mengetahui alamat bridge dan router lainnya.

c)   Switch, sama dengan hub yang merupakan perangkat untuk menyatukan kabel-kabel jaringan. Perbedaannya, switch memiliki kemampuan manajemen trafik data yang lebih baik.

d)   Repeater, Berfungsi untuk memperkuat sinyal dengan cara menerima sinyal dari suatu segmen kabel lalu memancarkan kembali sinyal tersebut dengan kekuatan yang sama dengan sinyal asli pada segmen kabel lain. Sehingga jarak antara kabel dapat diperpanjang.

e)   Bridge, memiliki fungsi yang hampir sama dengan fungsi repeater, tetapi bridge mampu menghubungkan antar jaringan yang menggunakan transmisi berbeda. Misalnya jaringan ethernet baseband dengan ethernet broadband.

Bridge juga dapat menghubungkan jaringan yang mengguna-kan tipe kabel yang berbeda ataupun topologi yang berbeda pula. Bridge dapat mengetahui alamat setiap komputer pada tiap-tiap jaringan.
f)    Modem (Modulator Demodulator) digunakan untuk menghubungkan jaringan ke internet. Prosesnya mengubah data digital menjadi data analog ataupun sebaliknya yang dapat diterjemahkan oleh bahasa mesin pada computer sehingga menghasilkan informasi yang berguna.

5. NOS (Network Operation System) yang diguanakan untuk membangun suatu jaringan, seperti Windows Server, Linux, Netware dan software lainnya.




Sources:
 

No comments: