Tuesday, April 16, 2013

Penelitian Bahasa - Text Readability


Text Readability

1.      Latar Belakang

Sudah sangat lama sekali upaya yang dilakukan untuk mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi pembacaan teks. Thorndike (1921) memulai meneliti frekuensi kata dan seuntai pemikiran dalam studi corpus. Dengan teorinya itu formula keterbacaan kata mulai berkembang, seperti menyatakan frekuensi kata dan panjang kata oleh Lively dan Pressey (1923) yang didasarkan pada kesulitan kosakata.

Sampai saat ini indeks yang sering dipakai tidak lagi mementingkan korelasi dan hubungan antar kalimat yang sering dijumpai pada cerita fiksi modern, sehingga menimbulkan kesulitan pada saat membaca atau dapat mengurangi minat para pembaca.
Menghindari permasalahan yang tersebut diatas, kini berbagai macam tools dikembangkan untuk mengukur kelayakan suatu indeks agar dapat diketahui kesalahan-kesalahan yang ada dan memberikan referensi untuk memperbaikinya. Salah satu tools yang dapat digunakan ialah Text Readibility.

2.      Tujuan Penelitian

Dari pokok permasalahan yang dibahas, beberapa point penting dalam implementasi tools ini diantaranya bertujuan untuk :
  • Mengembangkan aksesibilitas teks berbasis website.
  • Memberikan masukan yang mudah untuk dipahami untuk tujuan belajar bahasa.
  • Menyediakan kriteria untuk adaptasi, seleksi atau menulis bahan untuk instruksi konten.
  • Membandingkan teks yang digunakan untuk tujuan pemeriksaan.

  1. Target Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi halaman suatu website secara online. Dengan bantuan tools Readability Text, dapat mengukur kekonsistenan tata letak halaman, grafis yang dipakai, dan gaya bahasa yang digunakan. Selain itu, tools ini secara terpisah juga dapat difungsikan secara offline dengan software komersial yang berguna untuk mencari kesalahan konjungsi pada kalimat, gramatikal error, ikatan kohesif atau indikator hubungan intrakalimat.
  1. Metode Penelitian
Berbagai sumber yang mendukung dalam penelitian ini sebagian besar berasal dari jurnal maupun website. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengumpulkan berbagai data dan informasi yang berguna untuk proses testing dan studi kelayakan agar dapat memberikan manfaat kepada khalayak umum.
  1. Hasil Penelitian
Tools ini diunggulkan dengan berbagai macam fungsi yang menunjukan deskripsi suatu website mengenai tingkatan kelayakan baca, mengukur keakuratan kata dan kalimat, menghitung kesalahan kata maupun kata yangsulit dipahami, dan masih banyak lagi.

Tools yang terpisah yaitu fitur offline yang dapat menghitung kesalahan grammar, mencari kesalahan gramatikal, menampilkan kesalahan konjungsi dan memberikan grade sebagai bentuk uji coba pada level kelayakan teks tersebut sebelum dipublikasikan.
  1. Kesimpulan
Keunggulan yang ada pada tools ini :
  • Mengukur kesalahan pada factor fisik seperti ukuran huruf, spasi dan layout.
  • Mencari kesalahan pada kosakata, kata konjungsi, kata penghibung, grammar.
  • Menampilkan referensi pada kesalahan sintaksis dan struktur kalimat.
  • Memberikan informasi grade untuk memberi nilai kelayakan baca. 
Kelemahan yang masih perlu dikembangakan :
  • Tools hanya dapat digunakan dalam Bahasa Inggris.
  • Desain yang kurang interaktif.
  • Tidak ada penjelasan lebih mendalam pada beberapa kesalahan.
  • Referensi pada kesalahan yang muncul belum lengkap.
  • Softwarenya mahal.
  1. Saran
Secara keseluruhan, tools ini sangat bermanfaat bagi semua orang, khususnya bagi penulis ataupun kalangan pebisnis yang semestinya sudah lazim dengan ketentuan ejaan yang benar pada sekumpulan teks atau kalimat. Diharapkan untuk pengembangannya, tools ini dapat di implementasikan ke berbagai jenis bahasa agar semua orang di dunia dapat menikmati ke istimewaan tools ini dan tentunya bermanfaat.



------------------------------------------------------------------- 



DAFTAR PUSTAKA












-------------------------------------------------------------------------------- 



LAMPIRAN
  1. Deskripsi halaman web dengan tools Readability Text


  1. Kesalahan yang ditemui menggunakan tools Readibility Text


No comments: