Sunday, January 13, 2013

Web Browser Untuk Android


1. Dolphin Browser
Dilihat dari jumlah rating yang terpampamg di Android Market, aplikasi ini mampu menyaingi browser terkemuka seperti Mozilla Firefox, Opera dan Google Chrome. Lalu apa yang bisa menjadikan aplikasi ini menggeser aplikasi sejenisnya?
Ternyata dengan berbagai fitur yang ada, Dolphin Browser dapat dengan stabil menjelajahi web dan responsif dalam interaksi antar media atau link-link yang ada di web. Selain itu, masih tersedia adds-on pilihan yang dapat membantu Anda dalam menjelajahi web yang aman dan nyaman. Beberapa adds-on yang dapat berguna seperti night mode, battery saver, email notifier dan masih banyak lagi.



2. Opera Mini / Mobile Web Browser
Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini. Karena hampir semua pengguna smartphone atau sistem yang memiliki kemampuan surfing ke dunia maya (internet) memilih Opera Mini / Web browser sebagai aplikasi untuk browsing di internet. Selain desainnya yang interaktif juga interface yang memudahkan orang awam sekalipun dapat menggunakannya. Aplikasi ini mempunyai fitur khusus yaitu turbo boost untuk meningkatkan kecepatan browsing, namun dengan syarat adanya dukungan sinyal yang memadai. Responsif, stabil, dan update yang secara berkala menjadikan browser ini selalu dibekali dengan inovasi terbaru.



3. Google Chrome
Aplikasi ini secara resmi dirilis pada bulan november lalu dan bisa Anda download di Android Market. Namun sayang sekali, hanya pengguna Android yang bersistem operasi 4.0 keatas yang dapat mencobanya. Setelah author coba, Google Chrome ini cukup bagus. Kenapa hanya "cukup bagus?" Karena author sendiri punya beberapa alasan yang unik? Setelah dicoba membuka beberapa halaman web, aplikasi ini berjalan lancar tidak pernah jetlag hanya terkadang loading yang agak lama ketika menampilkan beberapa gambar. Inyeraksi dan desainnya sedikit membingungkan, jadi kalau yang belum terbiasa akan susah mengutak-atiknya. Selain dari itu, kecepatan, respon dan kenyamanan sangatlah baik. Jika Anda penasaran dengan aplikasi ini, silahkan coba dengan pasti.


4. Mozilla Firefox
Satulagi aplikasi browser yang tidak kalah bagus. Firefox sendiri merupakan aplikasi web browser dengan pengguna terbanyak khususnya untuk para pengguna komputer. Selain karena adds-on yang bejibun banyaknya, aplikasi ini sangat handal dalam membuka halaman web dengan respon yang baik dan stabil. Tidak mau kalah dengan pengembang aplikasi web browser yang lain, sudah tentu Mozila firefox ikut serta membuat versi mobile. Salah satunya untuk Android. Nah, kenapa aplikasi ini saya urutkan diurutan ke empat? Kendalanya adalah masih ada beberapa issue, bug, atau apalah namanya yang membuat aplikasi ini kurang responsif (dalam kasus saya terkadang ketika ingin log in kesuatu halaman web, huruf yang diketik tidak muncul). Namun secara keseluruhan aplikasi ini berhak diacungi jempol. Karena memang beberapa hal yang mampu mengangkat aplikasi ini sebagai mobile browser yang layak untuk pengguna Android.



5. Maxthon browser
Browser ini merupakan aplikasi surfing web yang mampu menyaingi Opera. Selain desainnya yang interaktif, aplikasi ini juga stabil dalam membuka halaman web yang dipenuhi oleh berbagai media seperti images dan video. Dengan ukuran file yang kecil, namun mampu memuat beragam fitur menarik salah satunya seperti cloud. Dengan fitur ini, anda dapat menyimpan file ke database cloud secara online. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat akun terlebih dahulu agar dapat masuk dan menyimpan file penting anda. Dilengkapi dengan gesture touch yang berfungsi sebgai shorcut untuk halaman web tertentu yang sudah diatur sebelumnya, memudahkan dalam membuka halaman web yang sering kita kunjungi dengan hanya melakukan swipe atau drag.


6. UC Browser
Mengapa saya masukan aplikasi ini kedalam list? Karena aplikasi ini simpl. Bagi anda yang tidak ingin memberatkan smartphone yang anda pakai atau menambah  keterbatasan memory yang smartphone anda miliki, aplikasi ini adalah pilihan terbaik. Interfacenya mudah digunakan, respon cepat, surfing dan browsing relatif stabil dan nyaman unntuk digunakan. Tidak seperti browser yang lain, aplikasi ini sudah dibundling atau sudah tersedia night mode yang bisa kita pilih langsung dengan membuka tab pengaturan. Atau jika pembawaan night mode dirasa terlalu gelap, anda bisa mengatur kecerahan layar sesuai dengan kenginan anda. Seperti halnya dengan Maxthon web browser, UC Browser juga mendukung fungsi gesture touch melengkapi fitur yang sudah ada.



Semoga bermanfaat,,
Jika ada yang ingin menambahkan atau sekedar share informasi, silahkan comment.. 



No comments: