Saturday, October 30, 2010

Situs Layanan & Informasi Mahasiswa Universitas Gunadarma

Kini Pelayanan administrasi mahasiswa dapat dilakukan secara online, melalui situs-situs resmi yang dimiliki oleh Universitas Gunadarma (UG). Dengan begitu mahasiswa bisa dengan mudahnya mengakses berbagai informasi untuk keperluan study di UG dimanapun dan kapanpun melalui jaringan komunikasi online atau biasa disebut dengan Internet J. Dengan dihadirkannya fasilitas online, diharapkan agar mahasiswa lebih praktis menggunakan waktu luangnya di depan computer J ini juga menghindari kesulitan dan keterlambatan dalam proses penyampaian informasi. Karena dengan fasilitas online, mahasiswa tidak perlu repot datang ke kampus hanya untuk menanyakan jadwal ujian, absesnsi, dosen pengganti, daftar nilai, tugas, dan lainnya. Hanya dengan oneclick kita bisa menggali informasi yang kita inginkan di salah satu website resmi Universitas Gunadarma, contohnya saja untuk keperluan absensi, cuti, cek nilai, cek jadwal kuliah, cek jadwal ujian, dan masih banyak lagi informasi lainnya! Fasilitas apa saja yang disediakan oleh UG itu? Berikut ini adalah beberapa contoh situs resmi yang dimiliki UG:


  1. berisisi informasi yang berkaitan dengan penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar dan informasi akademik bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma. Disini kita dapat mengurus semua keperluan akademik, karena memang urusannya ada disini J seperti pindah jadwal kuliah pagi ke malam, cuti akademik, pengurusan sidang S1 dan masih banyak lagi. Pokoknya, selain biro administrasi, BAAK juga mengurus semua urusan mahasiswa yang berkuliah di Gunadarma J


  2. merupakan media pembelajaran virtual bagi mahasiswa. E-Learning adalah pembelajaran jarak jauh (distance Learning) yang memanfaatkan teknologi komputer, jaringan komputer dan/atau Internet. E-Learning memungkinkan pembelajar untuk belajar melalui komputer di tempat mereka masing-masing tanpa harus secara fisik pergi mengikuti pelajaran/perkuliahan di kelas. E-Learning sering pula dipahami sebagai suatu bentuk pembelajaran berbasis web yang bisa diakses dari intranet di jaringan lokal atau internet. Sebenarnya materi e-Learning tidak harus didistribusikan secara on-line baik melalui jaringan lokal maupun internet, distribusi secara off-line menggunakan media CD/DVD pun termasuk pola e-Learning. Dalam hal ini aplikasi dan materi belajar dikembangkan sesuai kebutuhan dan didistribusikan melalui media CD/DVD, selanjutnya pembelajar dapat memanfatkan CD/DVD tersebut dan belajar di tempat di mana dia berada.


  3. berisi informasi jadwal kuliah, jadwal ujian, jadwal mengajar dosen, ruang kerja dosen, jadwal kursus dan workshop, informasi lowongan pekerjaan.


     
  4. merupakan situs resmi mahasiswa Gunadarma, dan melalui situs ini pelayanan akademik dapat dilakukan. Disini kita dapat melihat info penting yang selalu di update secara berkala untuk keperluan mahasiswa. Sehingga mahasiswa selalu up-to-date J fasilitas ini juga sangat penting dalam kelancaran mahasiswa selama perkuliahan berlangsung. Karena informasi akademik langsung masuk ke situs tersebut, dan semua mahasiswa Gunadarma masing-masing memilikinya J ada juga lecture massage untuk tugas dari dosen yang bersangkutan, email pribadi untuk semua civitas Gunadarma.


     
  5. merupakan pelayanan perpustakaan secara online. Fasilitas ini biasa digunakan mahasiswa untuk memesan buku yang akan dipinjam secara online kemudian dapat di ambil setelahnya di perpustakaan. Ini menghindari agar buku yang diperlukan tidak ada ditempat J atau kita bisa meminjam buku yang lain sebagai alternatifnya. Fasilitas ini juga bisa digunakaan sebagai buku bacaan online.


  6. merupakan situs yang berisi informasi terkini mengenai Universitas Gunadarma. UGPEDIA merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.


  7. situs yang berisi materi yang berkaitan dengan mata kuliah yang dapat diunduh secara gratis oleh mahasiswa


  8. Situs yang berisi artikel yang berasal dari prosiding suatu seminar ilmiah di dalam maupun di luar lingkungan Universitas Gunadarma serta jurnal ilmiah Universitas Gunadarma.


  9. situs ini menydiakan pelayanan terhadap masalah yang berkaitan dengan account (email, username, password), penggunaan internet maupun wifi di lingkungan Universitas Gunadarma.


Fasilitas yang diberikan Universitas Gunadarma ini Sangat banyak bukan? Semua itu tidak lepas dari visi misi Universitas Gunadarma sendiri. Oleh karenanya fasilitas-fasiltas ini diharapkan mampu memenuhi keperluan study mahasiswa Gunadarma dalam menjalankan hari-harinya di kampus tercinta J dan juga sebagai sarana untuk mengembangkan kreatifitasnya dalam bidang Teknologi Informasi sesuai dengan arti dan lambang Universitas Gunadarma.

No comments: