Wednesday, November 10, 2010

Quick Basic

Sekarang ini banyak sekali nama-nama populer Bahasa Pemrograman yang banyak digunakan oleh para pecinta komputer dalam mencari dan mengkreasikan bakatnya melalui program. Dalam proses pembuatannya, para programmer tentu tidak lepas dari tujuannya masing-masing seperti halnya kebutuhan financial, sebagai proyek kerja atau bahkan sekedar hobi saja. Untuk itu para programmer mengembangkan hobinya menjadi sebuah program yang bisa dipakai banyak orang, dalam hal ini para programmer juga bisa meraih keuntungan.
Bahasa Pemrograman yang pertamakali muncul adalah  elite kecil yang diberi nama DOS di dalam komputer yang mengatur kinerja komputer. DOS ini dikembangkan oleh para ahli komputer menjadi program yang bisa membuat aplikasi bisnis dan lainnya. Salah satu bahasa Pemrograman yang terkenal di antaranya: Visual Basic, Java, PHP, SQL, dan lainnya. Namun ada juga bahasa pemrograman yang sederhana yang sering dipakai oleh para pemula maupun yang sudah mahir untuk membuat suatu program.
Quick Basic (QBasic) inilah merupakan bahasa pemrograman sederhana yang membantu para programmer membuat suatu program yang ia mau dengan perintah-perintah sederhana dan mudah untuk dipelajari. Quick Basic ini tidak boros memori, programnya saja bisa langsung dijalankan seperti menjalankan DOS di Windows. Tampilannyapun hampir sama dengan DOS yang terdapat di Windows, hanya saja di QBasic ini terdapat menu bar untuk melakukan perintah-perintah tertentu.
Berikut ini tampilan awal pada saat menjalankan QBasic:
Perintah atau instruksi yang dapat dibaca oleh program ini tidak jauh beda dengan kebanyakan program sejenisnya, namun QBasic ini sudah cukup membantu dalam membuat program sederhana seperti pada mesin cashier, rumus perhitungan matematika, game tetris, dan sebagainya.
Untuk mendownload silahkan buka alamat dibawah ini atau klik tombol download.
http://www.softpedia.com/dyn-postdownload.php?p=50470&t=4&i=1

No comments: